Berapa Lama ASI Bisa Bertahan Di Kulkas?

Review of: MelindaCare
Product by:
MelindaCare

Reviewed by:
Rating:
3
On January 4, 2014
Last modified:November 7, 2014

Summary:

Berapa Lama ASI Bisa Bertahan Di Kulkas?. Berapa lama ASI bisa bertahan di kulkas? Tentunya hal ini sering menjadi pertanyaan.

Berapa lama ASI bisa bertahan di kulkas? Tentunya hal ini sering menjadi pertanyaan yang dilontarkan oleh para Ibu baru. Biasanya para Ibu yang sibuk bekerja di kantor dan tidak sempat menyusui langsung si kecil, selalu menyimpan ASI di kulkas. Menyimpan ASI di kulkas dilakukan agar kualitas susu tidak rusak dan aman untuk diminum si kecil.

Sumber Gambar: hamptonroads.com

Umumnya para Ibu enggan untuk melewatkan pemberian ASI eksklusif bagi bayi. Maka banyak Ibu yang memerah dan menyimpan ASI di dalam kulkas agar tidak basi. Namun, kebanyakan para Ibu tidak mengetahui berapa lama ASI bisa bertahan di kulkas. Agar ASI dapat terjaga kualitasnya, berikut tips cara menyimpannya dengan benar.

  1. Gunakan wadah penyimpan ASI yang berbahan gelas, stainless steel atau plastik. Pastikan wadah sudah dicuci terlebih dahulu dengan air hangat atau menggunakan alat sterilisasi. Hindari penggunaan berulang wadah berbahan plastik, karena akan mudah bocor dan terkontaminasi.

    Wadah ASI Little Giant Standard Breastmilk Storage Bags Thermal Sensor

    Wadah ASI Little Giant Standard Breastmilk Storage Bags Thermal Sensor

    Wadah susu bayi Tommee Tippee

    Wadah susu bayi Tommee Tippee

    Harga Rp. 65.000

    Harga Rp. 61.500

  2. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyiapkan ASI bagi si kecil. Beri label tanggal dan jam berapa ASI itu dimasukkan pada tiap wadah.

  3. Jika Anda hanya menaruhnya pada suhu ruangan biasa, ASI dapat bertahan selama 8 jam. Jika di dalam lemari es dengan suhu empat derajat, maka ASI dapat bertahan selama 2×24 jam. Jika di dalam freezer dengan suhu minus lima belas derajat, ASI akan bertahan 3 hingga 4 bulan.

  4. Saat ASI mengental dan melekat pada wadah, jangan dikocok-kocok atau mengaduk susunya. Cukup goyang-goyangkan wadahnya hingga bagian yang melekat tadi menyatu.

  5. Untuk mencairkan ASI yang beku tinggal merendam wadah ke dalam air hangat atau bisa menggunakan alat khusus menghangatkan ASI. ASI yang sudah dihangatkan tidak boleh dikembalikan ke dalam lemari es.

Penghangat Botol Susu Bayi Pum Pee

Penghangat Botol Susu Bayi Pum Pee

Alat sterilisasi botol susu Baby Safe

Alat sterilisasi botol susu Baby Safe

Harga Rp. 100.000 Harga Rp. 350.200

Dengan menyimpan ASI di kulkas tentunya si kecil masih dapat menerima asupan nutrisi yang lengkap bagi pertumbuhannya. Menyimpan ASI di kulkas lebih dari 6 bulan dapat menghilangkan beberapa senyawa yang berfungsi melawan organisme berbahaya pada tubuh si kecil. Gunakan media selain dot seperti gelas, cangkir, pipet, sendok atau spuit untuk mencegah bayi mengalami bingung puting saat kembali menyusu dengan ibunya. Semoga tips menyimpan ASI di kulkas ini dapat bermanfaat bagi Anda. Dapatkan wadah susu bayi terbaik di sini!

«
»

Pesan Komentar